Konsep Data Ekonometrika

Oct 21, 2015

Tiga jenis data yang digunakan untuk analisis empiris ekonometrikan adalah time series, cross-section dan panel. Data-data tersebut terkadang digunakan bersamaan dalam analisis, misalnya kombinasi antara data time series dan cross-section.

1.  Data Runtun Waktu (time series)
Data time series adalah sekumpulan pengamatan terhadap nilai dimana variabel memiliki komponen waktu atau data yang digunakan sebagai variabel diambil pada beberapa interval waktu. Misalnya data harian, mingguan, bulanan, tahunan, kuartal, dan semester. Dengan perkembangan teknologi komputerisasi bahkan data sudah dapat diambil dalam hitungan hari, jam, menit maupun per detik, misalnya data harga bursa yang diambil secara terus menerus dengan standar waktu yang relatif singkat real time. Data time series mengasumsikan stationeritas yang bermakna bahwa nilai mean dan keragaman data tidak berbeda signifikan antar waktu. (Gujarati, 2004) 
Tentang stasioneritas telah dibahas pada bagian lain blog ini. Berikut ini adalah data kunjungan Ke Bali berdasarkan Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), Data ini masih belum stasioner, lihat pada bahasan uji stasioneritas data disini >>>

2.  Data Silang (cross-section)
Data dimana satu atau lebih variabelnya dikumpulkan pada waktu yang sama, misalnya sensus setiap 5 tahun sekali, data pemilih tetap yang diambil setiap 5 tahun sekali, data produksi perusahaan dan lain-lain. Ketika data runtun waktu mengasumsikan stasioneritas, data silang juga memiliki masalah yaitu heterogenitas. Karena ia mengasumsikan data harus bersifat homogen. (Gujarati, 2004)
Berikut adalah data hubungan antara nilai penjualan sektor industri Amerika Serikat terhadap keuntungan penjualan industri setelah pajak 2015 (non-adjusted) yang diambil dari US Census Bureau. Dari grafik kita dapat melihat bahwa data tidak tersebar normal.
 
3.  Data Panel (pooled data)
Data panel menggabungkan dua tipe data yaitu runtun waktu (time series) dan data silang (cross-section). Data panel juga biasa kite kenal dengan data longitudinal atau data mikropanel, dimana unit data silang (misalnya perusahaan atau keluarga) dilakukan survey sepanjang waktu. Misalnya, Lembaga sensus mengadakan sensus terhadap keluarga pada periode dengan interval tertentu. Pada setiap periode dikaji perubahan yang terjadi pada objek sensus, katakanlah jika sebuah rumah tangga mengalami perubahan kondisi keuangan, pertambahan jumlah keluarga, dan tingkat pendapatan dari sejak survey terakhir dilakukan. Dengan wawancara secara periodik tersebut, data panel akan memberikan informasi yang penting mengenai dinamika perilaku keluarga dalam sebuah rumah tangga.

Untuk konsep data panel bisa dibaca lebih lengkap disini >>>
Regresi data panel bisa dipelajari lengkap disini >>>
download materi versi pdf di bawah >>>

download link

1 comment

  1. Anda Kebingungan Dan Kesulitan Menyelesaikan Skripsi, Tesis, Disertasi
    Karena Pusing Mikirin Olah Data Analisis Statistika Dengan SPSS, AMOS
    LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, DEA
    Serahkan Dan Percaya Kepada Kami.
    Kami Siap Bantu Anda.
    Olah Data Semarang (Timbul Widodo)
    WA : +62 852-2774-6673
    IG : olahdatasemarang

    ReplyDelete

 

Stats

read in english