Regresi Linier Berganda

Nov 25, 2009

Regresi berganda digunakan untuk mengukur pengaruh beberapa peubah/variabel terhadap suatu variabel. Variabel yang digunakan meliputi variabel bebas (independen) dan variabel tak bebas (dependen).

Penerapan:

Jika kita ingin mengukur faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penjualan produk mobil di Indonesia, mungkin variabel-variabel yang mempengaruhinya dapat berupa citra merek, layanan purna jual, harga yang kompetitif, pengaruh lingkungan, iklan media. Dari contoh tersebut maka penjualan produk mobil dapat kita sebut variabel dependen (yang dipengaruhi/terikat), sedangkan citra merek, layanan purna jual, harga yang kompetitif, lingkungan, iklan media merupakan variabel independen (yang mempengaruhi/tidak terikat). Untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen tersebut maka pertama-tama kita harus menyusun suatu persamaan regresi. Persamaan regresi adalah persamaan matematik yang memungkinkan kita untuk meramalkan nilai-nilai variabel independen (tidak terikat).

Make money internet surveys

Persamaan regresi dapat ditulis sebagai berikut:

Y = b0 + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 + …… + bnXn + e

dimana:

Y = variabel dependen (tak bebas)

b0 = konstanta (tetapan)

X1, X2 = variabel independen (bebas)

e = error

Berdasarkan contoh diatas maka persamaan regresi dapat kita tulis sebagai berikut:

Y = b0 + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 + b5X5 + e

dimana:
Y = penjualan produk mobil di Indonesia

b = konstanta

X1 = citra merek

X2 = layanan purna jual

X3 = harga kompetitif

X4 = pengaruh lingkungan

X5 = iklan media

e = error

Dengan data-data yang tersedia, maka dapat diketahui faktor mana saja yang berpengaruh signifikan terhadap penjualan produk mobil di Indonesia. Pengolahan data-data dari persamaan regresi dapat diketahui dengan metode OLS (ordinary least square). Prosedur proses pengolahan data dengan minitab 14 dapat anda lihat  pada bahasan uji multikolinearitas dan autokorelasi disini >>>
contoh lain pengaplikasian regresi linier berganda dengan software eviews 5.1 dapat anda lihat juga disini >>

No comments:

Post a Comment

 

Stats

read in english