UJI VALIDITAS INSTRUMEN

click, to get the pdf version

Jika anda mengumpulkan data yang berasal dari responden, misalnya dengan menggunakan skala likert (1 – 5), hal pertama yang harus anda lakukan adalah menguji validitas dan reliabilitas data kuesioner tersebut. Bahasan ini hanya akan membahas cara uji validitas instrumen saja, untuk pengujian reliabilitas instrumen, kamu bisa lihat bahasan ini.

Instrumen dikatakan valid apabila mampu mengukur apa yang diinginkan dan dapat mengungkap data variabel yang diteliti secara tepat. Tinggi rendahnya validitas instrumen menunjukkan sampai sejauh mana data yang dikumpulkan tidak menyimpang dari gambaran tentang variabel yang diteliti. 

Dalam survey uji validitas dilakukan dengan mengkorelasikan skor setiap item dengan total skor. Teknik korelasi yang digunakan adalah Pearson Product Moment, dimana instrumen dikatakan valid apabila nilai koefisien korelasinya (r) > r tabel.

Ilustrasi
Seorang peneliti ingin mengetahui apakah produk kecantikan yang ia kembangkan sudah sesuai harapan konsumen, untuk penelitian awal ia melakukan survey terhadap 25 responden yang telah diberikan sampel uji coba produknya.

Penelitian awal ini hanya bertujuan untuk melihat validitas instrumen kuesioner yang ia kembangkan sebelum. skala yang digunakan adalah skala likert yang mewakili : 5=sangat puas; 4=puas; 3=biasa saja; 2=kurang puas; 1=sama sekali tidak puas. Datanya adalah seperti berikut, jangan lupa totalkan terlebih dahulu skor setiap responden,



Poin 1 sampai 10 adalah pertanyaan / item dalam kuesioner, untuk data mentahnya dalam bentuk excel bisa kamu download disini.

Uji validitas akan kita lakukan menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 25, yang belum punya bisa beli disini. Murah koq, dan bisa langsung digunakan seketika.

Tahap pertama jawaban yang telah dikumpulkan dalam bentuk excel kita pindahkan ke dalam SPSS, bisa dengan copy-paste, ataupun pilih menu file - import data - excel, lalu pilih data kamu,



Setelah masuk dalam jendela SPSS, akan tampak seperti ini, total juga masukkan ya :



Langsung saja pilih di menu Analyze - Correlate - Bivariate,



Di kotak dialog bivariate correlations, pindahkan semua item ke kolom variables, termasuk totalnya, lalu checklist seperti di gambar berikut ini;



OK dan lihat outputnya :



Dari output kita hanya memiliki dua item yang valid yaitu poin 2 dan poin 5 dengan nilai korelasi masing-masing 0,46 dan 0,4. Nilai signifikansinya juga tidak terlalu bagus yaitu 0,02 dan 0,049 masih lebih kecil dari nilai kritik 0,05.

Dengan demikian masih banyak perbaikan dalam item kuesioner yang disusun ini dengan hanya dua instrumen yang valid.(yoso)