UJI EXACT FISHER

click to get pdf version

Uji exact Fisher digunakan ketika Anda memiliki dua variabel nominal. Biasanya data yang dimiliki meliputi 2 baris dan 2 kolom, sama halnya dengan contoh pada uji pearson chi-square yang telah dibahas. Fisher’s exact test ini lebih akurat daripada uji chi-kuadrat atau G-test untuk data-data berjumlah sedikit. Walaupun uji ini biasanya digunakan pada tabel sebanyak 2 x 2, namun kita dapat melakukan Uji exact Fisher dengan jumlah tabel yang lebih besar.

Penyusunan Hipotesis nol pada Uji exact Fisher adalah sebagai berikut:

H0 : proporsi relatif dari satu variabel tidak terkait dengan variabel kedua.

Sebagai contoh, jika kita memperkirakan jumlah tikus jantan dan betina di dua rumah, maka Hipotesis nol akan menjadi.


H0: proporsi tikus jantan dan betina di kedua rumah adalah sama.

Contoh kasus:

Jika kita ingin mengukur proporsi jumlah pengunjung laki-laki dan perempuan di empat buah salon di kawasan Blok M setiap harinya. Data pengunjung yang diberikan adalah sebagai berikut:



Hipotesis Nol: Proporsi pengunjung di keempat salon tersebut adalah sama

Dengan SPSS 17.0 (yang belum memiliki software SPSS, kamu bisa beli versi terbarunya IBM SPSS versi 25 disini), maka dapat dilakukan langkah sebagai berikut:



1. Masukkan data tersebut ke dalam worksheet SPSS, perlu diperhatikan bahwa data yang kita input akan berupa baris, kolom, dan yang menyatakan jumlah pengunjung seperti berikut ini:



Dapat kita lihat cara memasukkan data ke dalam worksheet SPSS dimana pada tabel PERHITUNGAN dapat dilihat bahwa pada KOLOM 1 dan BARIS 1 adalah jumlah pengunjung laki-laki pada salon Tessy, pada KOLOM 3 BARIS 2 adalah jumlah pengunjung perempuan pada salon Tintje.

2.
Langkah selanjutnya sama dengan pengujian Pearson chi square, kamu bisa lihat bahasannya disini


3. Output yang didapatkan kemudian adalah sebagai berikut:

4. Interpretasi:

Dari output yang didapat hasil point probabilitynya adalah 0,007, dengan demikian hipotesis nol dapat ditolak, artinya terdapat perbedaan proporsi yang signifikan pada jumlah pengunjung laki-laki dan perempuan pada keempat salon.(yoz)